Perkuliahan
pertama Bahasa Indonesia di mulai, saya bertemu dengan ibu Isna Sulastri. Kesan
pertama pertemuan dengan beliau begitu menyenangkan, dengan mimik wajah yang
ceria serta gaya bicaranya yang formal. Menurut pandangan saya beliau termasuk
dosen yang peduli terhadap mahasiswanya, dilihat dari cara beliau mengajar,
mengabsen, dan menyapa. Hal baru yang saya dapatkan dari beliau adalah mengenai
dunia maya ( blog ), dari sinilah saya mulai belajar membuat blog.
(Niki
Lestari)
Hal
yang menyenangkan bagi saya belajar bahasa indonesia dengan ibu Isna adalah
saya sangat senang jika budaya berbahasa indonesia di biasakan dalam kehidupan
sehari-hari,karena kami selalu menggunakan bahasa daerah kami sendiri,dan kami
merasa perlu untuk memahami aturan-aturan dalam berbahasa indonesia,semoga
dengan kehadiran ibu isna kami semua bisa terbiasa dalam menggunakan bahasa indonesia
yang baik dan benar …
(Redo Yuda Pramana)
Saat
pertama perkuliahan bahasa indonesia dimulai, saya bertemu dengan ibu Isna
Sulastri. SAya senang bisa mengenal beliau. Pada waktu itu beliau memberi tugas
kepada kami untuk membuat blog. Awalnya saya senang karena saya akan
mendapatkan ilmu baru yaitu tentang blog. Tapi waktu akan mencoba membuat blog
saya merasa kesulitan karena sebelumnya saya belum mengenal blog.
Sesudah mengikuti perkuliahan beberapa kali, ternyata tugas-tugas harus di update ke blog. Saya merasa keberatan karena saya tidak punya laptop. Tapi saya harus mengerjakan tugas yang diberikan. Jadi saya mengerjakan tugas dengan pergi ke warnet. Mudah-mudahan nanti saya bisa membeli laptop sehingga saya tidak perlu ke warnet lagi.
Sesudah mengikuti perkuliahan beberapa kali, ternyata tugas-tugas harus di update ke blog. Saya merasa keberatan karena saya tidak punya laptop. Tapi saya harus mengerjakan tugas yang diberikan. Jadi saya mengerjakan tugas dengan pergi ke warnet. Mudah-mudahan nanti saya bisa membeli laptop sehingga saya tidak perlu ke warnet lagi.
(Anis Syarifatunnisa
Fauziyah)
Materi pelajaran bahasa Indonesia masih dipelajari di
tingkat Universitas. Ibu Isna sulastri merupakan salah satu dosen mata
kuliah tersebut. Awal pertemuan dengan ibu Isna terasa cukup segan karena belum
adanya kesepakatan jadwal. Tetapi proses belajar mengajar berlangsung sangat
baik dan mendapat tugas untuk perkuliahan selanjutnya.
Tugas tersebut salah satunya adalah membuat karya tulis. Karya tulis memang sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi dan bakat terutama bagi mahasiswa. Dalam melaksakan pembelajaran dan tugas ini terasa cukup memberatkan apalagi jika tidak didukung dengan fasilitas yang memadai. Rasa resah itu muncul saat batas akhir pengumpulan tugas tiba, sedangkan tugas itu belum selesai. Saya segera meminta bantuan kepada orang lain dengan sedikit memaksa.
Sebagai mahasiswa persoalan seperti itu hendaknya tidak menjadi kendala dengan segala usaha dan bantuan orang lain tugas tersebut bisa diselesaikan.Walaupun pada kenyataannya tidak semudah membalikan telapak tangan. Akhirnya tugas tersebut dapat saya selesaikan dengan baik
Tugas tersebut salah satunya adalah membuat karya tulis. Karya tulis memang sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi dan bakat terutama bagi mahasiswa. Dalam melaksakan pembelajaran dan tugas ini terasa cukup memberatkan apalagi jika tidak didukung dengan fasilitas yang memadai. Rasa resah itu muncul saat batas akhir pengumpulan tugas tiba, sedangkan tugas itu belum selesai. Saya segera meminta bantuan kepada orang lain dengan sedikit memaksa.
Sebagai mahasiswa persoalan seperti itu hendaknya tidak menjadi kendala dengan segala usaha dan bantuan orang lain tugas tersebut bisa diselesaikan.Walaupun pada kenyataannya tidak semudah membalikan telapak tangan. Akhirnya tugas tersebut dapat saya selesaikan dengan baik
(Neny Nuraeny)
Sebelumnya
saya mengira bahwa di program studi pendidikan matematika tidak akan ada
pelajaran bahasa indonesia, tetapi ternyata mata kuliah ini dipelajari di
semester 2. Ibu Isna Sulastri adalah dosen mata kuliah tersebut. Pada metode
perkuliahannya beliau tidak mengajarkan teori secara langsung, tetapi beliau
memberikan pengajaran melalui tulisan yang kami buat. Beliau memeriksa dan
mengingatkan teori-teori apa saja yang telah dipelajari sebelumnya di tingkat
SD sampai SMA. Hal yang mengesankan adalah ketika kami harus membuat sebuah
blog. Didalam blog tersebut kami harus menampilkan semua tulisan yang dijadikan
sebagai tugas terstruktur dan beliau bida membacanya langsung melalui dunia
maya.
Dalam pembuatan blog tersebut saya
banyak mengalami kesulitan. membuat blog ternyata tidak semudah membuat
jejaring sosial lainnya, seperti facebook, twitter dan lain-lain. dan saya rasa
didalam mengerjakan tugas pun kurang efektif sehingga banyak hambatan dalam
pengerjaannya.
(Asma
Qonita Nisaul Ula)
Analisis Ejaan
No
|
Tertulis
|
Seharusnya
|
Ket
|
1
|
Di mulai
|
dimulai
|
P1K1
|
2
|
Benar …
|
Benar.
|
P2K2
|
3
|
punya
|
mempunyai
|
P2K5
|
4
|
SAya
|
Saya
|
P3K2
|
5
|
waktu
|
ketika
|
P3K3
|
6
|
di tingkat
|
ditingkat
|
P4K1
|
7
|
Lainnya,
|
lainnya
|
P5K8
|
Analisis Keefektifan Kalimat
No
|
Tertulis
|
Seharusnya
|
Kode
|
1
|
Kesan pertama pertemuan dengan beliau begitu
menyenangkan, dengan mimik wajah yang ceria serta gaya bicaranya yang formal.
|
Pertemuan dengan beliau sangat berkesan dan
menyenangkan, dengan wajah yang ceria serta gaya bahasanya yang formal.
|
P1K2
|
2
|
Hal yang menyenangkan bagi saya belajar bahasa
indonesia dengan ibu Isna adalah saya sangat senang jika budaya berbahasa
indonesia dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari,
|
Hal yang menyenangkan didalam belajar bahasa
indonesia dengan Ibu Isna adalah membudidayakan bahasa indonesia dalam
kehidupan sehari-hari.
|
P2K1
|
3
|
, karena kami selalu menggunakan bahasa daerah
kami sendiri, dan kami merasa perlu untuk memahami aturan-aturan dalam
berbahasa indonesia,
|
Bahasa indonesia sangat diperlukan, karena kami
selalu menggunakan bahasa daerah sendiri, dan kami merasa harus memahami
aturan-aturan dalam bahasa indonesia.
|
P2K1
|
4
|
Saat pertama perkuliahan bahasa indonesia
dimulai, saya bertemu dengan ibu Isna Sulastri.
|
Saat pertemuan bahasa indonesia saya bertemu
dengan Ibu Isna Sulastri.
|
P3K1
|
5
|
Pada waktu itu beliau memberi tugas kepada kami
untuk membuat blog. Awalnya saya senang karena saya akan mencoba membuat blog
saya merasa kesulitan karena sebelumnya saya belum mengenal blog.
|
Pada waktu itu beliau memberi tugas kepada kami
untuk membuat blog, awalnya saya senang karena mendapatkan ilmu baru. Tapi
saat akan mencoba mengerjakan tugas tersebut saya merasa kesulitan karena
sebelumnya saya belum mengenal blog.
|
P3K3,4,5
|
6
|
Tetapi proses belajar mengajar berlangsung sangat
baik dan mendapat tugas untuk perkuliahan selanjutnya
|
Kemudian proses belajar mengajarpun berlangsung
dengan baik, dan diakhir perkuliahan kami mendapat tugas
|
P4K4
|
7
|
Tugas tersebut salah satunya adalah membuat karya
tulis. Karya tulis memang sangat bermanfaat untuk mengembangkan potesi dan
bakat terutama bagi mahasiswa.
|
Tugas tersebut adalah membuat
sebuah karya tulis, dengan tujuan mengembangkan potensi dan bakat menulis
mahasiswa.
|
P4K5,6
|
8
|
Hal yang mengesankan adalah ketika kami harus
membuat sebuah blog. Didalam blog tersebut kami harus menampilkan semua
tulisan yang dijadikan sebagai tugas terstruktur dan beliau bisa membacanya
langsung melalui dunia maya.
|
Hal yang mengesankan adalah ketika kami harus
membuat sebuah blog, didalamnya kami harus menampilkan tulisan yang dijadikan
sebagai tugas terstruktur.
|
P5K4,5
|