Selasa, 03 April 2012

MANFAAT MEMBACA DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH





Didalam dunia yang transfaran ini diperlukaan keterampilan . Keterampilan tersebut salah satunya adalah karya ilmiah. ” Karya ilmiah (bahasa Inggrisscientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.” 
( http://id.wikipedia.org/wiki/karya_Ilmiah#Tujuan_Karya_Ilmiah)
 Dengan karya ilmiah kita bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih yang tidak dapat dikira sebelumnya. Bagi para mahasiswa pada saat ini di wajibkan untuk bisa membuat karya ilmiah. Dengan usaha memperbanyak membaca dan mencari bahan dan pelajaran tentang karya ilmiah agar bisa lebih mudah untuk kedepannya.
Dalam penyampain ataupun pembuatan karya ilmiah itu harus baku dan mudah dipahami oleh semua orang, karya ilmiah tidak hanya mengarah tentang pengetahuannya saja tetapi dapat menimbulkan insfirasi bagi para pembacanya. Memang tidak semua orang bisa membuat karya ilmiah yang bisa diakui bahwa karya tersebut  memang layak untuk dipublikasikan, akan tetapi dengan kita banyak membaca karya ilmiah kita juga dapat membedakan karya ilmiah yang baik dan karya ilmiah yang kurang baik, Oleh karena itu membaca karya ilmiah sangat penting untuk menunjang  dan memperkuat karya ilmiah yang telah kita buat sehingga menjadi karya ilmiah yang bisa diakui oleh semua orang  dan bisa membuat kita menjadi ilmuan yang hebat.
Karya ilmiah yang banyak tercantum didunia maya memang tidak semua bagus dan sesuai dengan yang diinginkan, tetapi baik halnya kita mengoreksi untuk perbaikan kita diri karena jika orang lain bisa kita pun harus bisa.
Selain manfaat dari itu semua nilai estetikapun tercantum didalam karya ilmiah. Jika tidak ada keindahan didalamnya maka kita sebagai pembaca atau pendengar akan merasa kesulitan memahaminya,  maka dari itu perbanyaklah membaca karya ilmiah orang lain sehingga akan tercantum dalam memori kita dan dapat membuat karya ilmiah itu sendiri tanpa ada kesalahan  dan diterima dimasyarakat luas.
Membaca merupakan kegiatan yang  yang sederhana, tetapi tidak semua orang menyukai kegiatan tersebut. Penyebabnya ialah faktor malas dari diri orang itu sendiri. Secara logis membaca memang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan. Dimanapun kapanpun kita bisa membaca tanpa melihat apa yang kita baca. Semua orang yang telah mengalami sekolah dasar pasti bisa membaca. Kebanyakan aplikasi dalam membaca yang  dilakukan oleh para remaja sekarang ini, mereka lebih suka membaca media lain yang kurang bermanfaat. Memang tidak ada kegiatan yang sia – sia,membaca apapun pasti ada manfaatnya walaupun manfaat tersebut tidak langsung kita rasakan. Hal – hal yang kita baca akan  menunjang kekuatan logika kita untuk berfikir dan menuangkan semua yang kita ketahui sehingga membuat kita bisa berhasa yang baik dan berwawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar